“Menulis adalah nikmat termahal yang diberikan oleh Allah, ia juga sebagai perantara untuk memahami sesuatu. Tanpanya, agama tidak akan berdiri, kehidupan menjadi tidak terarah...” Qatâdah, Tafsîr al-Qurthûbî

Rabu, 28 Desember 2011

Resolusi Juara 2012



Memantabkan hati, membulatkan tekad, dan dengan sendirinya raga pun merespon apa keinginan saya. Hingga seluruh saraf  berteriak "selamat datang resolusi 2012!!". Segenggam asa yang  telah tergantung di langit biru siap tercapai ketika matahari mengepakkan sinarnya, yakni dalam waktu yang telah dijanjikan, tahun 2012. Sekali lagi dengan lantang saya katakan "inilah Resolusi Juara tahun 2012".

Jari-jemariku terlalu bersemangat menekan tombol-tombol keyboard, menyulam kata demi kata sampai tercipta sebuah karya, sungguh saya tak percaya, tulisan saya akan siap dikirim ke penerbit. Dan inilah resolusiku ditahun 2012, menerbitkan sebuah buku yang nantinya dapat bermanfaat bagi orang banyak, di samping itu tentu menjadi sumber penghasilan karena tak selamanya saya akan terus hidup bergantung orang tua. Dari sinilah resolusi kedua muncul, sebelum usia 19 tahun saya harus bisa membiayai kebutuhan pribadi dengan hasil usaha sendiri. Ini menyenangkan sekali.

Saya yang masih duduk di bangku SMA sudah tentu memiliki bekal yang kurang tentang dunia kepenulisan. Maklum saja, SMA bagi saya hanya mengarahkan siswa-siswanya menuju perguruan tinggi, bukan mendalami  apa yang menjadi keahlian atau potensi siswanya seperti menulis, menggambar, menyanyi dan lain sebagainya. Maka tak tanggung-tanggung saya memilih sekolah yang lebih mendukung impian saya, memberi informasi lebih luas, berbagi dan berkumpul bersama orang-orang di seluruh dunia sepemikiran, dialah internet, sekolah kehidupan yang tak kenal lelah menjawab segala ketidaktahuan saya. Selain itu, internet juga membantu saya mengetahui seberapa jauh kemampuan saya dalam menulis lewat komentar-komentar pembaca. Bertahap namun pasti, saya mulai lihai merangkai kata menjadi kalimat, menyatukan kalimat menjadi paragraf indah dan lahirlah karya.


Sudah 3 tahun ini ibu saya berlangganan internet dengan Telkom speedy, saya semakin nyaman, tak perlu repot berjam-jam di warnet dengan biaya yang relatif mahal. Ini membuktikan Telkom speedy memberikan pelayanan yang extra terhadap pelanggannya. Bahkan suatu hari ketika saya sedang mengirim file penting lewat email, tiba-tiba internet di rumah mengalami kerusakan, entah bagian mana yang error, namun setelah saya hubungi tak sampai setengah jam pegawai Telkom yang bersangkutan tiba dan segera memperbaiki kerusakan. Hah, untunglah.

Kembali ke resolusi juara 2012, awalnya tak terbesit keinginan menerbitkan tulisan yang selama ini tergeletak di laptop, namun lagi-lagi internet mensupport saya. Saya search di internet tentang proses penerbitan buku dan segala tetek bengeknya, dan hati ini pun semakin mantab untuk menciptakan sebuah buku di tahun 2012. Dengan bantuan internet pula, saya belajar mengedit, mengatur kata, hingga menata hati bagaimana menulis yang benar, karena sesuatu yang disampaikan dari hati maka ia akan sampai ke hati pula. Segudang ilmu yang mungkin tak kudapat di sekolah umum, dan segalanya dapat kutangkap dari sekolah kehidupan, internet.

Efek jangka panjang juga sudah saya pikirkan, bagaimana jika tulisan saya tidak diterima penerbit, bagaimana jika tulisan saya diterima oleh penerbit namun buku saya tidak dikenal masyarakat, dan berbagai pertanyaan bagaimana lainnya. Tanpa hitungan waktu, hati kecil saya telah menjawabnya, "tenang, Tuhan akan membantumu dengan perantara internet, jika naskahmu tak diterima penerbit engkau dapat belajar lewat penulis-penulis terkenal dengan internet, jika bukumu tak dikenal masyarakat engkau dapat mengenalkannya bahkan kepenjuru dunia lewat internet, dan optimislah, tunjukkan pada semua makhluk bumi bahwa engkau adalah manusia hebat". Seketika semangat kembali teguh mengalahkan gunung yang tinggi.

Beruntunglah engkau yang membaca tulisan ini, saya hanya ingin berbagi dan memotivasi. Dan secuil pesan saya, jangan berhenti menggali potensi, jangan malu dalam berkarya, jangan putus asa menggapai mimpi, sebab apapun yang engkau citakan kan tercapai sesuai usaha tanganmu... Lets fighting for Resolution 2012!!

109 komentar:

  1. wuoow,...wuoow...semoga tercapai resolusi 2012 nya yaaah

    BalasHapus
  2. ahoy....
    apapun itu yang namanya cita2 dan impian sekecil apapun itu HARUS di perjuangkan.....

    BalasHapus
  3. yaaaay....keren! Semoga terwujud yah, solusi 2012nya. :D
    about internet: I'm agree with u , SURFING the NET is my HOBBY. hohoho...
    Internet emang keren..thanks buat sgala pihak yg trlbat dlm pmbuatan internet(?)

    ohya, sedikit ralat, kata2mu ada yg kurang hurufnya. hehe..:>
    arigatou~

    BalasHapus
  4. wohoho,,,,mantabbb!!!,,,jam terbang yang bagus untuk calon orang sukses, persiapan semakin dini akan membuat jalan menuju pintu kesuksesan semakin dekat. Saya tunggu!!!, saya yakin kalo ini tidak hanya sekedar tulisan/ucapan/wacana...
    keep spirit..

    BalasHapus
  5. Berapi-api,,

    Semangat de'...!!! ^_^

    BalasHapus
  6. Membaca tulisan ini, membuat saya ikut BERSEMANGAT!!!
    Selamat berkarya adik,,

    BalasHapus
  7. nice post..ma'annajah ukhty ^________________^

    BalasHapus
  8. Alles Gute Hana!!
    so inspiring :)

    BalasHapus
  9. keren,
    baarakallaahu fiik..

    apapun itu cita-cita/resolusimu, jika membatas pada dimensi fisik nan terbatas maka akan mudah ditumbangkan oleh segala hal yang ada di dalamnya..
    gantungkan ia di tempat Maha Luhur, menembus batas-batas dimensi fisik dan materiil, maka tidak akan ada yang bisa menumbangkannya, terlebih menggoyahkannya kecuali Dia Yang Maha Kuat nan Kaya..

    Gudlak..!!
    semoga berkah..!! ;)

    BalasHapus
  10. wah wah... membaca tulisan ini saya jadi malu... waktu SMU kemana aja ya saya!!??

    semangat mbak... masih di usia belia punya mimpi besar untuk menerbitkan buku...

    ditunggu bukunya...

    oh iya sedikit ngutip quote dari mbak helvy : "mari membangun peradaban lewat tulisan"

    BalasHapus
  11. mari berkarya dengan TelkomSpeedy #promosi

    BalasHapus
  12. Selamat bermujahadah dalam proses kreatif. Semoga Allah memberkahinya. Amin.

    BalasHapus
  13. semangat ya mbak! mbak pasti bisa!! aku mau kayak mbak Hana yang postingnya bagus-bagus..
    aku dukung lho mbak ^^

    BalasHapus
  14. gubrak.. bagus postingan dek nana kali ;p

    dukung dek nana jugaaaa

    BalasHapus
  15. Mantap.....
    Semoga resolusinya tercapai.
    Salam kenal
    http://www.nurrahmatk.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-optimalkan.html

    BalasHapus
  16. semoga, allah memudahkan...

    BalasHapus
  17. Aamiin... Jazakumulloh khoiron katsiron

    BalasHapus
  18. Ubah dunia dengan pena, jelajahi dunia lewat internet #halah

    BalasHapus
  19. Rasulullah SAW bersabda:

    “sesungguhnya berpagi hari atau berpetang hari di jalan Allah lebih baik daripada dunia dan segala isinya.”

    BalasHapus
  20. Rasulullah SAW bersabda:

    “sesungguhnya berpagi hari atau berpetang hari di jalan Allah lebih baik daripada dunia dan segala isinya.”

    BalasHapus
  21. Hati hatilah wahai pemuda, barangsiapa yang tak dapat memanfaatkan segala fasilitas yang Allah berikan, maka ia akan terjerumus dalam jurang kenistaan, na'udzubillahi min dzalik

    BalasHapus
  22. Jazakumullah ahsanul jaza' :D very inspiring

    BalasHapus
  23. I love writing too...
    “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”. [Imam Al-Ghazali]
    “Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya”. [Stephen King]
    finghting!!!!

    BalasHapus
  24. sundul gan!! ane kasih cendol sekarung dah XP

    BalasHapus
  25. waah saya jadi semangat mbak hana baca ini *sepupumu ifti

    BalasHapus
  26. Semoga Allah mengabulkan impianmu .... semangat
    Insya Allah ...

    BalasHapus
  27. Keep spirit mas bro !

    BalasHapus
  28. behh bagus banget neh blog,,

    BalasHapus
  29. Man jadda wa jadda..

    Insya Allah

    BalasHapus
  30. unyaaaaaaaa..... ganbatte!

    semangka semnagat kakaaaak \^0^/

    BalasHapus
  31. Lanjutkan!

    ayo ayo ayo indonesia bisaaaaa *nyanyi

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum. . . Afwan cah ayu, baru koMent sekarang.
    Tulisan ini,kuakui bagus dan meresap dihati seperti kelok air dicelah bebatuan (?). Pertahankan tulisanmu yg Sederhana,lembut, dan mengena. Terus berkarya cAh ayu. Ingat aku dan jayani penggemar awal tulisanmu. . . InsyaAllah, suatu hari nanti,akan ada paket kiriman datang kerumahku dan didalamnya terdapat buku dan tulisan yang mengatakan "buku pertamaku untuk saudariku". . .amin. Jika kamu bukanlah nabi,ilmuwan atau orang besar yang dicatat ditinta emas kehidupan,kamu bisa menjadi penulis, yang karyanya akan dikenang sepanjang zaman karena tinta emas mu.
    Gara2 gak pake sPeedy internet mancet mulu. *pRomotioN. . .hehe

    BalasHapus
  33. haha.... wa e wa e o waa ee wa e ooo

    BalasHapus
  34. @aurora : makanya pakek speedy *gubrak

    BalasHapus
  35. rangkaian kata yang bagus..
    semangat...!!

    BalasHapus
  36. selamat berjuang, dekapan Allah akan bersama hambaNYA yang ta'at... cayyoooo

    BalasHapus
  37. gapai mimpi setinggi langit, langit di walpaper haha

    BalasHapus
  38. semangat seharusnya terus dipompa hingga matahari tenggelam, karena bisa jadi matahari itu tak akan terbit lagi

    BalasHapus
  39. panggil aku siwi ae... nama blogku lagi kesensem sama aurora kutub,(?)

    BalasHapus
  40. resolusi 2012 keliling dunia, 2013 keliling dunia akhirat *loh

    @siwi : oke sayang

    BalasHapus
  41. mantaappp....
    lanjutkan..!!!
    sukses selalu....

    BalasHapus
  42. @alenda : gak jelas

    @abdul manan: makasih mas

    BalasHapus
  43. Debi Finianto04 Januari, 2012

    jangan lupa bagi2 hadiahnya

    BalasHapus
  44. Fight ya ukhti, semoga bisa terwujud ! XD

    BalasHapus
  45. kayaknya gampang-gampang susah neng

    BalasHapus
  46. @ukhty Derura : aamiin syukron:D

    BalasHapus
  47. Very Nice Post ^^ Tingkatkan yaa Han :)

    BalasHapus
  48. Salam kenal...
    semoga resolusinya tercapai
    mampir juga ya..
    http://www.nurrahmatk.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-optimalkan.html

    BalasHapus
  49. semoga resolusinya tercapai.. salam

    BalasHapus
  50. cayyyaaaaa yuk nuliss hehe

    BalasHapus
  51. sampai TKP... nice post.. selamat berjuang sahabatku..

    BalasHapus
  52. waah ane juga ikutan ni lomba.... ngiaaaaaaaaa

    BalasHapus
  53. resolusinya lumayan, semoga tercapai je

    BalasHapus
  54. mantab bgt dah resolusinya.... mampir dan komen juga ya... ke http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

    BalasHapus
  55. semoga tercapai resolusinya dek..

    BalasHapus
  56. Faidza 'azamta fatawakkal 'alallah ^^b

    BalasHapus
  57. terus maju dan terus berkarya kawan

    BalasHapus
  58. gue serasa di awan baca blog lo, nge-fly sob... mampir ke kite ya..ehhehe..

    salam goyang gayung,

    Boni dan Doris

    @radiokonyol on twitter

    @radiokonyol on blog,
    radiokonyol.blogspot.com

    BalasHapus
  59. Mantap..kata2nya seperti mengalir tanpa ada dibuat2.. :)
    keep spirit n istiqomah..
    Smga resolusinya trcapai.. Ma'annajah :)

    BalasHapus
  60. @ Radio konyol :nyantai coy
    @anonim : syukron

    BalasHapus
  61. yuk gantungkan cita2 sebanyak2nya di langit.. krn di atas langit msh ada langit

    BalasHapus
  62. Resolusi yang penuh inspiratif masbro! kunjungilah Resolusi Saya

    BalasHapus
  63. semoga sukses dengan resolusinya

    BalasHapus
  64. dua kali dipanggil mas bro T__T

    BalasHapus
  65. yang sabar ya mbak Hana.. hahaha

    BalasHapus
  66. subhanallah,, nahan ketawa liat comment atas ana

    BalasHapus
  67. @Ummu Maryam: jgn ditahan ntar meledak

    BalasHapus
  68. semangat mbak kembar!!

    BalasHapus
  69. gomen baru komen,, galau masalah KRSini =="
    apapun cita-citamu, tetaplah semangat untuk menggapainya, DUIT (Do'a,Usaha, Ikhtiar, Tawakkal)..ganbatte kudasai!! :)

    BalasHapus
  70. gomen baru komen,, galau masalah KRSini =="
    apapun cita-citamu, tetaplah semangat untuk menggapainya, DUIT (Do'a,Usaha, Ikhtiar, Tawakkal)..ganbatte kudasai!! :)

    BalasHapus
  71. aku setuju sama komen siwi pertama,..menanti paket datang yang berisikan buku pertamamu,..>_<
    *jayani

    BalasHapus
  72. makasiih mbak ku khoilila .. semoga ente tambah gemuk

    jayani apa sih gratisan muluk

    BalasHapus
  73. eeh,..gpp kali,..
    apa barter sama 3arem-arem aja,..gmana?
    :D
    Jayani

    BalasHapus
  74. bagus banget artikelnya, suatu resolusi yang luar biasa, jangan lupa untuk mampir & komentar balik ke blogku ya makasih banyak !

    BalasHapus
  75. good luck buat penerbitan tulisannya..
    kalo udah direlease bukunya inform yak..

    BalasHapus
  76. @buyung: mane alamat blog nya.
    @anonim : nyantai gan anonim

    BalasHapus